Minggu, 09 September 2012

Cara Mengatasi Demam Pada Anak


Cara Mengatasi Demam 
Pada Anak


Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak - Pada musim pancaroba seperti ini demam menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang kekebalan tubuh anda. Demam sendiri didefinisikan sebagai keadaaan pada saat suhu badan mencapai lebih dari 37 derajat Celcius yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan.

Nah, biasanya beberapa obat kimia seperti golongan parasetamol, asam salisilat, ibuprofen dan lainnya. Namun, sebelum mencoba obat-obat kimia, ada baiknya anda memcoba khasiat dari bahan-bahan herbal di bawah ini untuk mengatasi penyakit demam.

Kunyit
Kunyit dipercaya memiliki kandungan minyat atsiri, curcumin, turmerin dan zingiberen yang bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi/ anti peradangan. Jadi selain ampuh di konsumsi untuk menurunkan panas tubuh, kunyit juga bisa menjadi salah satu bahan untuk memperkuat daya tahan tubuh.
Umumnya, kunyit yang digunakan sebagai obat demam adalah jenis kunyit rimpang.

Cara konsumsi :
cuci bersih 10 gram umbi kunyit rimpang kemudian parut dan tambahkan ½ gelas air panas, kemudian aduk rata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Jangan lupa tambahkan dengan perasan ½ jeruk nipis dan campur dengan 2 sdm madu lalu aduk hingga rata. Bila sudah, bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini dan minum 3 kali dalam sehari.

Bawang merah
Bawang merah dapat digunakan untuk menyembuhkan demam karena memiliki kandungan minyak atsiri, sikloailin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan florogusin yang baik sebagai penurun panas
Cara konsumsi : kupas 5 butir bawang merah kemudian parut kasar dan campurkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh.


Daun kembang sepatu, daun kapuk dan daun sirih
Daun kembang sepatu terbukti mengandung flavonoida, saponin dan polifenol, sedangkan daun kapuk mengandung flavonoida, saponin dan tannin dan daun sirih mengandung flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang semuanya mampu mengobati demam.

Cara konsumsi : 
cuci bersih daun dan keringkan dengan lap. Setelah itu anda bisa panaskan daun sebentar di atas api hingga lemas. Atau Remas-remas sehingga lemas, olesi dengan minyak kelapa, kompreskan pada perut dan kepala.

Air kelapa muda
Seperti yang anda tahu, air kelapa muda mengandung banyak mineral antara lain kalium. Nah, saat panas tubuh naik maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Disinilah kalium diperlukan sebagai penganti air di dalam tubuh yang sudah keluar menjadi keringat.

Daun jeruk nipis
Cara konsumsi : 
Petik 2 -4 genggam daun jeruk nipis, cuci bersih. Rebus dengan 2-4 gelas air. Gunakan air rebusan ini untuk mengompres. Gunakan kain yang menyerap air, kompres pada dahi penderita

Kumis kucing
Cara konsumsi : 
Siapkan 100 gr akar kumis kucing, cuci bersih. Rebus dengan 2000 cc air. Tunggu sampai mendidih. Dinginkan, saring dan ambil airnya. Minum segelas sehari.

Daun papaya
Cara konsumsi : 
Petik daun pepaya yang muda. Tumbuk daun hingga menjadi setengah gelas. Tambahkan 3/4 gelas air dan sedikit garam. Peras campuran tadi lalu saring. Minum ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan selama 5 hari berturut-turut.

Demikian Tips dan Trik Kesehatan yang saya paparkan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar